Program S2

Visi Program Studi Teknologi Perikanan Laut (TPL)

 

”Menjadi institusi terkemuka yang mengembangkan ilmu, teknologi, dan manajemen di bidang perikanan tangkap (capture fisheries) berstandar internasional”

 

Misi Program Studi TPL

  • Menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian dalam pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perikanan laut melalui proses pendidikan yang berkualitas.
  • Mengembangkan ilmu, teknologi dan seni (IPTEKS) yang berkaitan dengan pemanfaatan dan pengelolaan sumberdaya perikanan laut melalui penelitian yang berkesinambungan, yang meliputi teknologi dan alat penangkapan ikan; kapal perikanan dan transportasi laut; kepelabuhanan perikanan; sistem dan optimasi industri perikanan laut; daerah penangkapan ikan; dan kebijakan perikanan.
  • Berperan aktif dalam setiap kegiatan yang mempunyai manfaat bagi pengembangan perikanan laut Indonesia melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

Tujuan Program Studi Teknologi Perikanan Laut

 

  • Menghasilkan sumberdaya manusia berkualitas magister dibidang IPTEKS eksplorasi sumberdaya perikanan tangkap, pengelolaan pemanfaatan sumberdaya perikanan tangkap dan kelautan, perencanaan dan pembangunan perikanan dan kelautan yang berkelanjutan.
  • Menghasilkan sumberdaya manusia bergelar magister, yang mampu melakukan:
  • Penerapan metode dan teknologi termasuk bioteknologi dalam kegiatan eksplorasi sumberdaya perikanan tangkap dan kelautan, penentuan dan pemetaan daerah penangkapan ikan serta evaluasi sumberdaya perikanan dan kelautan.
  • Pengembangan dalam pengelolaan pemanfaatan sumberdaya dan industri perikanan tangkap dan kelautan dalam lingkup kewilayahan, komoditi dan usaha secara produktif, efisien dan berkelanjutan (mencakup aspek sarana dan prasarana produksi, pelabuhan perikanan, proses produksi, agroindustri dan pembinaan)
  • Perencanaan pembangunan perikanan tangkap dan kelautan berbasis masyarakat dan industri dalam skala lokal, regional maupun nasional melalui pendekatan lintas sektoral, keterpaduan serta keberlanjutan dengan menggunakan metode-metode yang relevan.
  • Menghasilkan sumberdaya manusia bergelar magister yang mampu mandiri dan bersifat objektif, mampu berkomunikasi dan bekerjasama, menjadi pribadi dan tanggap terhadap perkembangan IPTEKS perikanan dan kelautan serta peka terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat, baik di forum nasional maupun internasional.
  • Menjamin terlaksananya pendidikan program studi magister yang berkualitas sesuai kebijakan mutu yang telah ditetapkan, sehingga menghasilkan lulusan magister yang berkualitas untuk menjadi pelaku-pelaku yang tangguh dalam pembangunan perikanan laut Indonesia.

 

 

 

 

Struktur Kurikulum

Semester Kode MK Nama Mata Kuliah Bobot SKS
(1) (2) (3) (4)
Mata Kuliah Wajib
Ganjil/Genap PPS 500 Bahasa Inggris 3(3-0)
Ganjil STK 511 Analisis Statistik 3(3-0)
Ganjil PSP 545 Analisis Sistem Perikanan Laut 3 (2-3)
Ganjil PSP 551 Kepelabuhanan dan Industri 3 (2-3)
Ganjil PSP 522 Analisis Alat Penangkapan Ikan 3 (3-0)
Genap PSP 513 Teknologi Penangkapan Ikan Ramah Lingkungan 3 (2-3)
Genap PSP 533 Transportasi Perikanan 3 (2-3)
Mata Kuliah Pilihan
Genap PSP 612 Dinamika Tingkah Laku Ikan Berbasis Ekosistem 3(2-3)
Genap PSP 512 Perikanan Tangkap Berkelanjutan 3(2-3)
Genap PSP 523 Analisis Bahan Alat Penangkapan Ikan 3(3-0)
Genap PSP 552 Perencanaan dan Manajemen Pelabuhan 3(2-3)
Genap PSP 651 Kewilayahan dan Kebijakan Kepelabuhanan 2(2-0)
Genap PSP 631 Desain Kapal Perikanan 3(2-3)
Genap PSP 532 Kargo dan Teknologi Kapal Kargo 2(2-0)
Genap PSP 546 Optimasi Industri Perikanan Laut 3(2-3)
Genap PSP 644 Perencanaan dan Pengelolaan Daerah Penangkapan Ikan 3(2-3)
Genap PSP 645 Peraturan dan Kebijakan Perikanan Laut 3(2-3)
Ganjil/ Genap PSP 601 Kolokium 1(1-0)
Ganjil/ Genap PPS 690 Seminar 1(1-0)
Ganjil/ Genap PSP 699 Penelitian & Thesis 6