Beasiswa

Pelayanan beasiswa bagi mahasiswa dikelola secara terpusat, yaitu oleh Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) IPB.  Setiap mahasiswa berhak mengajukan beasiswa sesuai dengan persyaratan yang ditentukan Ditmawa dan/atau donatur.

Pelaksanaan pelayanan beasiswa adalah mengacu pada POB-IPB-S1-18.  Ditmawa memberikan informasi keberadaan beasiswa beserta persyaratannya kepada mahasiswa melalui berbagai media cetak (Berita IPB) maupun elektronik (simawa.ipb.ac.id).  Selain itu, informasi beasiswa juga diberikan melalui Departemen.  Untuk selanjutnya Departemen PSP melalui PS TMPT melanjutkan informasi tersebut kepada mahasiswa.  Bagi mahasiswa yang akan mengajukan beasiswa, diminta untuk mengajukan surat permohonan yang harus diketahui dan ditandatangani oleh Pembimbing Akademik atau Ketua Program Studi.

Banyak beasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh semua mahasiswa IPB sepanjang mereka memenuhi persyaratan administrasinya. Dalam tiga tahun terakhir jumlah mahasiswa PS TMPT yang memperoleh beasiswa adalah 174 orang (termasuk mahasiswa PS TMPT yang masih berada di TPB/PPKU). Jenis beasiswa yang diperoleh adalah beasiswa putra daerah, bidik misi, BCA, Beasiswa Utusan Daerah (BUD), Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sodaqoh (LAZIS), Peningkatan Prestasi Akademik (PPA), dan sebagainya.