Testimoni Alumni

 

CUT PINTA KEUMALA

ANGGOTA UNIT KERJA MENTERI KKP

Menurut saya, PSP adalah salah satu departemen yang sangat menjanjikan dalam membangun dunia perikanan di Indonesia. Selama masa kuliah, saya sangat beruntung diajar oleh dosen-dosen yang sangat berkompeten dan ramah. Masukan dan dorongan dari merekalah yang membuat saya tetap konsisten berkontribusi di dunia perikanan.

Saya berharap adik-adik junior dapat menyerap semua ilmu dari para dosen dan mengimplementasikannya. Ayo bersama-sama jaga keberlanjutan sumber daya ikan demi anak cucu kita di masa depan.

REGI DARMAWAN

Belajar di Dept PSP menambah bekal ilmu terkait wawasan dunia perikanan tangkap dari hulu ke hilir, mulai dari alat tangkap, kapal, nelayan, teknologi penangkapan, daerah penangkapan, tingkah laku ikan, pelabuhan dan lain-lain. hal ini tentu menjadi modal bagi saya untuk mendalami bidang perikanan tangkap di Indonesia yang memiliki potensi besar. Metode pengajaran dari dosen dibuat sedemikian rupa agar lebih mudah dipahami oleh mahasiswa nya. ditambah lagi adanya tugas mandiri yang melatih mahasiswa untuk berpikir kritis.

Prestasi yang pernah di raih selama belajar di PSP menjadi juara 3 di bidang kewirausahaan yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti pada  ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-31. Karya ilmiah yang kami buat tentang novel yang menceritakan dunia perikanan tangkap lhoo..

kini saya memutuskan untuk melanjutkan studi S2 lagi di dept PSP untuk memperdalam bidang keilmuan di perikanan tangkap. Jayalah Perikanan Indonesia!

TYAS PUTRI JAYANTI

Assalamuallaikum Wr. Wb,

Perkenalkan saya Tyas Putri Jayanti merupakan salah satu alumni Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap. Salah satu departemen di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan IPB. Saya bangga menjadi bagian dari Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, disini saya diajarkan berbagai ilmu pengetahuan mulai dari awal mula laut yang menjadi power di Indonesia. Sumber daya perikanan yang tak akan pernah punah jika kita selalu menjaganya. Pembelajaran disini sangat memberikan manfaat bagi saya, dapat mengetahui kehidupan nelayan Indonesia secara langsung dengan turun lapang. Dosen-dosen yang sangat baik dan memberikan kami pengajaran yang banyak dengan cara yang tidak monoton, banyak aplikasi ilmu yang diberikan, saling bertukar pikiran dalam berbagai topik masalah terkini perikanan dengan metode role play, mempelajari hukum laut Indonesia, sistem perikanan Indonesia yang beragam, teknologi perikanan yang semakin modern, dan dapat memanajemen pemanfaatan sumberdaya ikan yang baik dan berkelanjutan. Selama menempuh pendidikan di Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap saya dengan teman dan juga tak luput oleh bimbingan dosen kami, kami memperoleh kesempatan untuk dapat masuk Final dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-30 bidang pengabdian masyarakat dengan memberikan edukasi berupa game perikanan kepada anak nelayan di pesisir Eretan, Indramayu dan juga alhamdulillah diberi kesempatan kembali untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke-31 dengan meraih juara 3 bidang kewirausahaan dengan menghasilkan sebuah novel perikanan yang telah beredar di berbagai pulau di Indonesia. Saya dengan tim juga berkesempatan untuk mengikuti Perlombaan Business Plan UTU Award di Maeulaboh, Aceh dengan memperoleh juara harapan I. Semua prestasi yang telah diperoleh tak luput atas dukungan dan bimbingan teman-teman dan juga dosen terbaik kami di Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap.

Terimakasih banyak atas ilmu yang telah diberikan pada kami.

Teruslah semangat, belajar, dan teruslah berkarya kawan tuk memberikan manfaat bagi  banyak orang….

Terima kasih.

Edwin Ongci Pernando, SPi (PSP IPB 52)

“Studying at the undergraduate fisheries program in the department of fisheries resources utilization is very funny. I met with lecturers and education personnel who were competent in their fields. The material provided in the learning process is very up to date, so it is useful to add knowledge and insights from theory to the application of practice in the field. The class atmosphere is always alive with interesting discussions and the lecturers who help us to be more courageous in expressing opinions. It was thanks to their upbringing that I was able to complete my studies with the cum laude title and get an award as the best graduate. Academic and non-academic experience that I gained while studying at PSP IPB is very much. Starting from campus activities to international activities.

Hopefully, PSP IPB can always improve and maintain its quality so that it always produces quality graduates “.

Assalamualaikum wr. wb.

Selamat pagi

Saya Aisyah Primandini Sabrina NIM C44140066 Alumni Program Studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap IPB angkatan 51.

 

Saya sangat bersyukur atas kesempatan yang saya peroleh untuk dapat belajar selama 4 tahun di IPB khususnya program studi Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap. Kuliah di PS TMPT sangat menyenangkan dimana banyak sekali ilmu dan pengalaman berharga yang saya dapatkan. Selama menimba ilmu di PS TMPT tidak hanya teori dasar yang dipelajari di kelas, namun juga ada praktikum, kuliah lapang, fieldtrip, KKN, dimana kami bisa lebih mengimplementasikan ilmu teori yang dipelajari langsung di lapangan. Hal ini jelas sangat berguna ketika saya lulus dari IPB dan bekerja di sebuah perusahaan Unit Pengolahan Ikan. Banyak sekali ilmu sewaktu kuliah yang bisa saya terapkan dan pastinya bisa menjadi nilai tambah bagi saya di perusahaan. Terima kasih saya ucapkan terutama bagi dosen-dosen tercinta, jajaran staff tata usaha, dan semua keluarga besar PS TMPT, semoga sehat selalu.

Mahsyar  Taufiq Abr,  PSP angkatan 51, lulus 2018,

Assalamuallaikum Wr. Wb,

Dan sekarang bekerja sebagai Supervisor di farm udang Vannamei dan Farm Lebah Madu Trigona milik Sosial Bisnis Pammase Sulawesi Barat di Polewali Mandar,

 

Semenjak kuliah di PSP banyak ilmu manajemen perikanan  yang dipelajari dan sangat beramanfaat dunia kerja, karena ilmunya fleksibel dan muda diaplikasikan ke bidang ilmu lainnya sehingga sangat memudahkan lulusan PSP dalam mencari kerja dan hal tersebut juga memberikan nilai tambah bagi lulusan PSP..

Lu’lu’ Khairina Alifah Putri

Saya adalah alumni PSP angkatan 51. Kuliah di PSP sangat menyenangkan. Saya merasa nyaman karena di dept PSP terjalin hubungan yang baik antara mahasiswa/i dengan seluruh tenaga pendidik. Dosen dan tenaga pendidik sangat berkualitas. Di dept. PSP saya banyak belajar dan bertemu dengan orang-orang hebat. Setelah menjadi alumni PSP dan bekerja di salah satu instansi pemerintah di bidang perikanan saya merasa bahwa kami cukup mampu untuk bersaing karena alumni dept PSP memiliki track record yang baik di instansi pemerintah. Saya berharap dept PSP bisa semakin jaya dan memberikan kontribusi yang baik pada dunia perikanan. Salam PSP!!

Lu’lu’ Khairina Alifah Putri, Tenaga Kerja Kontrak pada Kantor Pelabuhan Perikanan Nusantara Pekalongan