Himpunan Alumni

Lulusan IPB secara otomatis akan menjadi anggota Himpunan Alumni IPB (HA-IPB).  HA-IPB menjadi koordinator bagi Himpunan Alumni dari setiap fakultas.  Lulusan dari PS TMPT secara otomatis menjadi anggota HA-IPB dan HA-FPIK IPB.  Sehingga, PS TMPT tidak membentuk himpunan alumni khusus untuk lulusan program studi.  Akan tetapi alumni PS TMPT membentuk Working Group PSP (WG PSP) pada tanggal 19 April 2011.  Melalui HA-IPB, HA-FPIK dan WG PSP inilah, alumni dan almamater berinteraksi.  Beberapa kegiatan yang dilakukan bersama antara himpunan alumni dengan FPIK diantaranya adalah C-Inaugurasi, C-Ruaya, C-Enterpreneurship, dan C-Partnership.  Sumbangsih alumni kepada almamater diantaranya:

Sumbangan dana:

1) WG PSP melalui safety net memberikan dana bantuan untuk mahasiswa PS TMPT yang membutuhkan.  Selain WG PSP, di level fakultas yaitu HA FPIK, melalui C-Fund telah membentuk Yayasan C-FPIK dimana dana yang dihimpun dari alumni digunakan untuk tiga hal, yaitu: (1) Bantuan biaya pendidikan bagi mahasiswa yang kurang mampu secara ekonomi, (2) bantuan untuk kegiatan mahasiswa Ormawa atau perseorangan, dan (3) bantuan sosial untuk civitas academica FPIK

2)  Pembelian buku referensi

3)  Sumbangan dana untuk kegiatan kemahasiswaan

 

Sumbangan fasilitas:

  • Sumbangan mesin kapal untuk kegiatan pembelajaran mesin kapal dalam Mata Kuliah Kapal Perikanan (PSP231)
  • Sumbangan kapal untuk praktikum Mata Kuliah Kapal Perikanan (PSP231)
  • Sumbangan jaring untuk praktikum Mata Kuliah Bahan Alat Penangkapan Ikan (PSP222)

 

Keterlibatan dalam kegiatan akademik:

  • Beberapa alumni diundang sebagai dosen tamu dalam beberapa materi kuliah. Beberapa keterlibatan alumni diantaranya dalam Mata Kuliah Pelabuhan Perikanan (PSP251), Mata Kuliah Kapita Selekta Perikanan Tangkap (PSP401) dan Mata Kuliah Praktek Laut Penangkapan Ikan (PSP403).
  • Selain itu alumni juga dilibatkan dalam kegiatan capacity building bagi mahasiswa dalam lingkup kegiatan himpunan mahasiswa.
  • Keterlibatan alumnipun juga dilakukan dalam penyempurnaan materi ajar seperti FGD. Dari hasil FGD, beberapa materi kuliah dan praktikum direstrukturisasi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.
  • Penyediaan akses dan fasilitas saat praktek lapang

 

Pengembangan jejaring:

  • PS TMPT bekerja sama dengan alumni yang bekerja di pemerintahan dan perusahaan perikanan membentuk Forum Komunikasi dan Kemitraan Perikanan Tangkap (FK2PT) pada tahun 2008. Tujuan dibentuknya FK2PT adalah untuk mensinergikan peran akademisi, pemerintah dan pengusaha untuk mengembangkan perikanan tangkap di Indonesia termasuk sumberdaya manusianya.
  • Pemberian informasi lowongan kerja