Bimbingan Teknis Keselamatan Pelayaran

Departemen PSP FPIK IPB, bekerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Tangerang serta alumni Departemen PSP FPIK IPB, melaksanakan bimbingan teknis keselamatan pelayaran untuk nelayan. Pada kesempatan ini peserta BIMTEK adalah nelayan dari kecamatan Mauk, Tangerang, sebanyak 32 orang nelayan. Kegiatan BIMTEK ini dilaksanakan di DKP Kabupaten Tangerang pada tanggal 20 – 22 Maret 2018. Kerjasama pelaksanaan BIMTEK antara Departemen PSP dengan DKP Kabupaten Tangerang ini telah dilaksanakan sejak tahun 2010.

Kegiatan BIMTEK kali ini diawali dengan pemberian materi upaya meningkatkan kesadaran nelayan akan banyaknya risiko bekerja di laut, peraturan dan lembaga yang terkait dengan keselamatan nelayan di laut, kompetensi nelayan yang harus terpenuhi hingga praktek bagaimana teknik penyelamatan diri di laut.

Nara sumber yang terlibat adalah staf Departemen PSP, yaitu : Dr. Yopi Novita, Dr. Darmawan, Dr. M Imron, Dr. Deni A Soeboer, Dr. Zulkarnain, Dr. Budhi Hascaryo Iskandar dan Dr Fis Purwangka. Sementara itu, alumni yang terlibat sebagai pemateri adalah Adi Susanto, MSi dan Ima Kusumanti, MSc.

Seruuuuu…. nelayan sangat menikmati bimtek kali ini. Terutama saat praktek keselamatan di kolam.

Yukkkk….. keseruannya bisa dilihat di foto dan video berikut. đŸ˜‰